Oleh: antimurtad | Februari 1, 2008

Hamas Tolak Kehadiran Internasional

Sayap pejuang pembebasan Palestina, Hamas tetap menolak kehadiran internasional di perbatasan Mesir-Jalur Gaza

hamas-logo.jpgHarakat al-Muqawama al-Islamiyyah (Hamas), Rabu kemarin menyatakan menolak kehadiran internasional di perlintasan antara Mesir dan Jalur Gaza. Menurut Hamas, perlintasan Rafah harusnya dibawah kekuasaan Mesir dan Palestina.

Hamas juga mengatakan, setiap usaha untuk menggantikan visi Hamas, khususnya menyangkut operasi perlintasan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir, tidak akan menghasilkan apapun kecuali kegagalan, kata jurubicara Hamas Sami Abu Zuhri dalam sebuah pernyataan terbaru.

Satu delegasi Hamas yang dipimpin pemimpin Mahmud al Zabar melintasi perbatasan di Rafah Rabu pagi untuk berunding dengan para pejabat Mesir.  

Hamas berulangkali menuntut agar perbatasan itu dikelola sesuai dengan satu pengaturan baru antara Mesir dan pemerintahnya di Gaza menggantikan perjanjian tahun 2005 yang melibatkan para pemantau Eropa dan pengawasan elektronik atas perlintasan itu.

Perjanjian terdahulu adalah sebuah penjara bagi rakyat Palestina karena memperketat pengepungan, membunuh orang sakit dan mencegah para mahasiswa melakukan perjalanan untuk kuliah, kata Zuhri.

Hamas mendesak dibuat satu pengaturan baru yang melayani  kepentingan-kepentingan lebih tinggi rakyat kami, agar perlintasan itu menjadi perlintasan Palestina-Mesir tanpa campur tangan dari negara asing, baik Eropa maupun Amerika, tambahnya.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas – kubur sekuler yang amat dekat dengan Amerika dan Israel– juga akan bertemu dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak, guna membicarakan masalah perbatasan itu.

Abbas menuntut agar pasukannya mengusai perlintasan itu dan menolak berunding Hamas sampai gerakan itu menyerahkan kekuasaan atas Gaza kepadanya. Ratusan ribu warga Palestina memasuki perbatasan Mesir sejak 23 Januari, ketika para pejuang meledakkan dan membobolkan tembok perbatasan di tengah-tengah blokade Israel atas wilayah itu .

Lalu lintas orang menurun Rabu akibat cuaca buruk, toko-toko di kota perbatasan Mesir itu kosong dan penutupan semua kecuali dua tempat penyeberangan oleh pasukan Mesir dan Hamas. [sumber: ant/www.hidayatullah.com]

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: