Oleh: antimurtad | Februari 19, 2008

Australia Gempar, Bin Ladin Berpose Yesus, Bunda Maria Pakai Burqa

pic1325.jpgKegemparan sedang melanda warga Australia, setelah mereka melihat gambar pemimpin Al-Qaidah Usamah bin Ladin berpose seperti pose Yesus Kristus yang sering terlihat di gambar-gambar. Bukan itu saja, patung Bunda Maria ditampilkan dengan mengenakan burqa beserta cadarnya.Gambar dan patung itu sedang dipamerkan dalam sebuah kompetisi seni bernuansa keagamaan bergengsi yang digelar di National Art School di Sydney, Australia untuk memperebutkan hadiah Blake Prize sebesar 15. 000 dollar dan sudah digelar sejak 1951.

Gambar bin Ladin berpose Yesus diberi judul “Bearded Orientals: Making the Empire Cross” dibuat oleh Priscilla Bracks. Sedangkan patung Bunda Maria mengenakan burqa berwarna biru diberi judul “The Fourth Secret of Fatima” karya Luke Sullivan. Dua karya senin yang “nyeleneh” ini merupakan bagian dari 500 karya yang ikut berkompetisi.

Gambar “Yesus bin Ladin” dan “Bunda Maria Berbuqa” bukan hanya menimbulkan perdebatan di kalangan warga Australia tapi juga menuai kecaman dari Perdana Menteri Australia, John Howard.

“Pemilihan karya seni itu sudah menyinggung keyakinan beragama banyak warga Australia, ” kata Howard seperti dilansir surat kabar Daily Telegraph edisi Kamis (30/8).

Kecaman serupa juga dilontarkan pemimpin Partai Buruh Kevin Rudd. “Saya bisa menerima, bahwa setiap orang punya kebebasan dalam berkesenian. Tapi saya melihat gambar ini sangat ekstrim. Saya paham bagaimana orang bisa sangat tersinggung karena hal ini, ” ujarnya.

Juru bicara Australian Christian Lobby, Glynis Quinlan mengatakan, menempatkan Yesus sama seperti bin Ladin merupakan kesalahan besar, karena Yesus membawa pesan cinta dan pengampunan serta tidak ada kaitannya dengan terorisme.

Namun menurut Presiden Australia Federation of Islamic Councils Ikebal Patel, tidak ada yang perlu diperdebatkan soal patung Bunda Maria yang mengenakan burqa. Karena Bunda Maria justeru ditampilkan dengan tampilan yang sopan.

Dalam Islam “Bunda Maria” dirujum sebagai “figur seorang ibu bagi semua umat.” Tapi Patel mengkritik gambar Bin Ladin berpose Yesus karya Brack.

Keuskupan Katolik, Kardinal George Pell mengungkapkan penyesalannya melihat dua karya seni yang menurutnya kontroversial itu. Ia mengakui, dalam beberapa tahun belakangan ini, memang makin sering terjadi tindakan-tindakan yang melecehkan Yesus dan Bunda Maria.

Tapi ketua Persatuan Gereja, Rod Pattenden yang juga anggota Blake Society tidak sependapat dengan Pell. Menurutnya, tujuan dari kompetisi itu adalah untuk mendorong dialog tentang spiritualitas dalam masyarakat.

Ia tidak berharap kompetisi ini menimbulkan kontroversi di kalangan penganut Kristen, karena komunitas Kristen, kata Pattenden, tidak menganggap seni sebagai hal yang sangat penting. Patung Bunda Maria, tambah Pattenden, merupakan ikon yang mewakili dua agama yang berbeda.

Gambar Usamah bin Ladin berpose Yesus dan Patung Bunda Maria yang mengenakan burqa, menjadi ujian bagi kebebasan berekspresi yang selama ini didengung-dengungkan Barat, jika ada umat Islam yang memprotes pelecehan terhadap Nabi Muhammad Saw lewat gambar-gambar yang tidak senonoh. Apakah ketika gambar Yesus dan patung Bunda Maria “dilecehkan” mereka juga akan menganggap ini sebagai kebebasan berekspresi dan menghormatinya? (ln/iol)


Responses

  1. TIPS MENCARI TUHAN YANG BENAR-2 TUHAN
    &
    MEMILIH AGAMA YANG DIRIDHOINYA (DIBENARKAN OLEHNYA)

    1. Sadari mengapa kita perlu mencari Tuhan ? agar kita bisa memahami untuk apa kita ada (hidup) di Dunia ini yang ujung-2-nya sakit, tua, atau akhirnya mati juga, harta kita ditinggal untuk yang masih hidup, kok enak yah !.
    2. Bagaimana cara yang benar mencarinya ? (buku-2, diskusi, logical, bukti-3 sejarah).
    3. Ada “filosofi” atau hukum alam yang kita harus terima, dan bisa digunakan untuk mencarinya, antara lain;
    a. Sesuatu mesti ada yang menciptakannya ? (yakini dulu !), seperti mobil, rumah, baju, dll..
    b. Pencipta mestinya harus ada dulu dari pada yang diciptakan ? (Tuhan lebih dulu ada sebelum adanya Manusia, bumi, jagad raya), tidak setelah ada manusia (+ nabi-2) tiba-2 turun ke bumi dan menampakan atau menjelma menjadi Manusia ?
    c. Pencipta mestinya tidak sama dengan yang diciptakannya (Manusia membuat mobil, tentunya mobil tidak sama dengan Manusia, baik bentuk dan kelakuannya), terima dulu logical ini !.
    d. Jadi Tuhan tidak akan menyerupai yang diciptakannya (sama dengan manusia) ?
    e. Manusia dan semua ciptaannya akan tunduk atau mengikuti HUKUM ALAM, yaitu menempati (ber dimensi) ruang, akan rusak karena waktu (umur) atau mati, dapat dilihat, diraba, atau dirasakan, dan difoto kemudian di up load di WWW).
    f. Jadi Tuhan tidak akan mungkin berwujud sama dengan ciptaannya (Manusia). Atau mempunyai sifat-2 yang akan tunduk terhadap HUKUM ALAM tadi.
    g. Tuhan tidak bisa dikategorikan jenis kelaminnya (Gender laki-2 atau perempuan ?), Tuhan Bapak, atau Bapa di Surga ?, Walaupun sebatas sebutan saja, atau dibayangkan seperti Bapak baiknya (kelakuannya).
    h. Tuhan karena tidak berdimensi waktu atau ruang, maka Tuhan tidak tinggal di syurga ? atau dimana tempatnya ?, terus siapa yang akan menunggu (tinggal) Neraka mengawasi orang-2 yang disiksa ? dan di Bumi ? (walo hanya sebutan saja Bapaku di kerajaan Syurga).
    i. Tuhan juga tidak menyerupai Manusia yang mempunyai tangan atau kaki, jadi tidak akan “CAMPUR TANGAN” sebagaima Manusia ? dalam kehidupan kita.
    j. Tuhan itu maha kuasa sekali, sehingga tidak perlu membutuhkan bantuan seperti menjadi “PELAYAN TUHAN”.
    k. Tuhan itu tidak akan seperti perasaan dan pikiran kita, sehingga Roh Kudus (Tuhan) tidak akan memimpin kemana arah pikiran, hati, dan tindakan kita, yang ada adalah bagaimana pikiran, hati, dan tindakan kita semata-mata hanya untuk Tuhan (sesuai petunjuknya).
    4. Terus bagaimana Tuhan yang sesungguhnya itu ?
    5. Tentunya Tuhan itu tidak akan menampakan dirinya dan memperlihat pisiknya kepada Manusia (bikin penasaran saja Tuhan ini), logical kita Dunia bisa heboh ? kalo Tuhan sampai menampakan DIRInya.
    6. Tetapi Tuhan telah memberikan Tanda-2 keberadaannya kalo kita mau peduli terhadap Tanda-2 kebesarannya (ke Maha annya) dan mau mencari melalui cara yang dibenar atau diridhinya.
    7. Bagaimana cara mencari Tuhan yang benar ?
    8. Silahkan baca Al Qur`an dan dalami Maknanya, disitu jelas sekali bahwa Tuhan ALLAH itu adalah Tuhan Kita semuanya (Bule, Cina, Negro, Arab, Melanesia, Mongol) dan Al Qur`an diturunkan untuk semua Manusia di Dunia (bukan hanya untuk orang Moeslem atau Islam Saja).
    9. Bandingkan dengan kitab-2 Agama lainnya, betul-2 isinya ber beda sekali dan proses turunnya ayat juga juga jauh betrbeda, mohon jangan antipati (or negative thinking before).
    10. Inilah pengalaman spiritual saya, mudah-2-an Saudara-2-ku memperoleh manfaat dan hikmahnya, amien yah ROBBAL ALAMIEN.

    Semoga Allah merachmati kita semua, amien.
    Wassalam

    Ridhawati
    Flexi; 022 7204941


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: