Oleh: antimurtad | Maret 6, 2008

OKI Desak PBB Ambil Tindakan

oki.jpgOrganisasi Konferensi Islam (OKI) mengecam serangan militer Israel ke Jalur Gaza serta mendesak DK PBB mengambil tindakan pada Israel. Memangnya bisa?

Organisasi Konferensi Islam (OKI) mengecam serangan militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina, pekan lalu yang  menewaskan lebih dari 120 orang, dan mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB untuk mengambil tindakan keras terhadap Tel Aviv karena menimbulkan ancaman atas perdamaian dan keamanan internasional.

“Penggunaan kekuatan berlebihan dan tidak proporsional oleh penguasa pendudukan, mencakup serangan oleh pesawat tempur dan artileri darat, sasaran pembunuhan tak berperi kemanusiaan, melanggar hukum internasional termasuk hukum kemanusiaan dan hak asasi,” kata organisasi yang beranggotakan 56 negara Muslim itu dalam suatu pernyataan yang disiarkan, Rabu (5/3) kemarin.

OKI menyatakan belasungkawa mendalam dan menyesalkan kematian warga sipil termasuk wanita, anak-anak dan orang tua, serta trauma yang diderita oleh warga Palestina yang menghadapi kehancuran secara luas.

“Penggunaan senjata berlebihan, hukuman kolektif dan tindakan ilegal lainnya oleh penguasa pendudukan termasuk serangan dengan sasaran ambulans dan tim penyelamat medis, sama sekali tak dapat diterima,” katanya.

OKI juga mendesak DK PBB untuk mengambil tindakan yang tepat, segera dan efektif dalam melaksanakan tanggungjawab yang diamanatkan Piagam PBB guna menghentikan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional.

“DK PBB tidak boleh diam saja dan mengeyampingkan meningkatnya krisis, pelanggaran hukum internasional, tapi hendaknya mengabadikan perdamaian yang menyeluruh sebagaimana diamanatkan oleh resolusi-resolusi DK PBB sendiri, ” katanya.

Sementara itu, pernyataan tersebut tidak menyinggung serangan roket oleh Hamas terhadap Israel, yang mana memrovokasi tindakan balasan oleh Tel Aviv.

PBB adalah institusi besar yang seharusnya mampu menekan berbagai kejahatan yang dilakukan oleh Negara. Namun faktanya, selama ini, lembaga ini masih dikendalikan Amerika.  [ant/pti/www.hidayatullah.com]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: