Oleh: antimurtad | Maret 24, 2008

Wanita Berjilbab itu Mendapat Prestasi Internasional

made-tri-ari.jpgSeorang peneliti berjilbab, Dr Made Tri Ari Penia Kresnowati menjadi pemenang satu pemenang fellowship internasional berhadiah USD40.000 atau Rp. 370 juta

Indonesia patut bangga dengan prestasi yang diraih oleh Dr Made Tri Ari Penia Kresnowati. Dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menjadi salah satu pemenang fellowship internasional yang bernilai USD40.000 atau setara dengan Rp. 370 juta.

Proporsal penelitian yang berjudul Teknologi bioproses: Konsepsi prototip bioreaktor untuk pengembangan sel punca (stem cell) mengantarkan ibu muda berjilbab ini menjadi perempuan Indonesia ketiga yang menerima penghargaan itu.

Adalah L’Oreal dan UNESCO yang menjadi fasilitator dari program “L’Oreal-UNESCO For Woman in Science 2008″. Pada 5 Maret 2008 lalu, L’Oreal-UNESCO mengumumkan 15 pemenang fellowship dari 15 negara yang mewakili lima benua Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin, Afrika, dan Asia Pacific.

Fellowship senilai USD40.000 akan saya gunakan seefektif mungkin untuk melanjutkan penelitian ilmiah saya mengenai pengembangan bioreaktor untuk menumbuhkan sel punca, sehingga bisa bermanfaat untuk menghasilkan produk-produk kesehatan,” kata Dr Penia saat konferensi pers di VIP Room, Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BBPPT), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/3) kemarin.

Wanita berjilbab ini itu menjelaskan, sel punca adalah sel-sel yang tidak atau belum terspesialisasi (terdeferensiasi) namun memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri (berpoliferasi) dan berdiferensiasi menjadi sel lain. Sel-sel tersebut memiliki nilai yang sangat potensial dalam bidang kesehatan, contohnya untuk memproduksi sel-sel darah untuk proses transfusi darah. Sebelum potensi ini dapat diwujudkan dalam praktek masih terdapat beberapa hal yang terlebih dahulu harus dipecahkan.

Menurutnya, untuk memproduksi sel darah merag dalam jumlah yang banyak dan dengan kualitas yang memadai, misalnya, diperlukan suatu kondisi yang optimal. Dengan demikian bioreaktor untuk mengembangkan sel punca untuk menghasilkan sel darah merah perlu dirancang sedemikian sehingga memberikan kondisi yang optimal bagi pertumbuhan sel punca tersebut.

“Penelitian ini akan mempelajari kondisi yang optimal bagi pertumbuhan sel punca tersebut. Penelitian ini akan mempelajari berbagai sifat fisik dan parameter operasi untuk pertumbuhan sel punca yang optimal, khususnya aspek-aspek yang berkaitan dengan perpindahan masa dan panas seperti bagaimana cara yang tepat untuk menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan dan menyingkirkan buangan dari sel punca,” papar peraih PhD di bidang teknologi bioproses dari Universitas Delf (TU Delft) Belanda itu.

Dalam program yang berdurasi dua tahun ini, Dr Penia mengaku akan mengembangkan model bioreaktor untuk menumbuhkan (poliferasi dan diferensiasi) sel punca. Selanjutnya Jean Christophe Letellier, President Director PT L’Oreal Indonesia menjelaskan, program L’Oreal UNESCO For Woman in Science ini menyatukan organisasi antarpemerintah.

“Kami berharap program ini dapat memberi kontribusi bagi kemajuan sains di Indonesia dan terus membawa inovasi-inovasi mereka ke dunia global,” kata Jeans.

Prestasi Dr Penia disambut gembira oleh Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof Dr Arief Rachman MPd.

“UNESCO mendukung inisiatif ini dan terus menekankan pentingnya hadiah-hadiah berupa penghargaan untuk mempublikasikan prestasi ilmiah perempuan selebar mungkin melalui panutan-panutan seperti Dr Penia Kresnowati,” pungkasnya.

Sementara itu, Principal Investigator Executive Manager Eijman Institute Herawati Sudoyo mengatakan Penia berhasil meraih penghargaan itu karena usulan penelitian Penia sangat spesifik dan saat ini perlu di Indonesia untuk dapat mengobati penyakit turunan dan perubahan lingkungannya.

Penelitian Penia akan dilakukan di Monash University, Australia dengan berkolaborasi dengan para pakar sel punca di Australia Stem Cell Centre dan ITB.  [cha, berbagai sumber/www.hidayatullah.com]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: