Oleh: antimurtad | April 4, 2008

Strategi Baru NATO di Afghanistan

natoo.jpgNATO mencapai kesepakatan dalam strategi Afghanistan yang baru. Sebelum ini, George W Buh ingin NATO tak kalah di Afghan. “Perang” babak kedua akan dimulai

Para pemimpin negara-negara NATO telah mengeluarkan deklarasi resmi mengemukakan garis besar komitmen mereka terhadap misi barunya di Afghanistan.

Pernyataan itu, yang disebut “visi strategis”, itu memaklumkan komitmen bersama yang kokoh berjangka panjang terhadap afghanistan. Pernyataan itu berjanji akan memberikan lebih banyak pasukan kepada komandan-komandan militer untuk mengisi kekosongan dalam pasukan ISAF.

Deklarasi NATO itu juga mencakup tujuan membantu melatih pasukan Afghanistan  yang suatu hari nanti akan mengambil alih operasi-operasi keamanan di seluruh negara itu.

Strategi itu selesai disusun hari ini dalam sebuah konferensi di Bucharest, Rumania. Sebelumnya, PM Kanada Stephen Harper mengatakan pasukan negaranya akan tetap berada di kawasan rawan di Afghanistan selatan selama dua tahun melewati komtmen sekarang ini, yang hanya sampai bulan Februari 2009.

Harper mengatakan komitmen pasukan yang baru diumumkan oleh Perancis berarti sekutu-sekutu NATO telah memenuhi persyaratan pokok Kanada untuk tetap menempatkan pasukan di Afghanistan sampai tahun 2011.

Perancis memaklumkan bahwa negara itu akan mengirim batalyon baru yang terdiri dari sekitar 700 pasukan di Afghanistan timur.

Pelatihan militer

Selain ke 26 Negara anggota NATO setuju untuk mengirimkan lebih banyak tentara ke Afghanistan, mereka juga menyepakati akan membantu proses pengalihan tanggung jawab kepada pasukan Afghanistan dengan cara menyediakan pelatihan militer dan perlengkapan.

Sasarannya adalah membentuk militer Afghanistan sejumlah 80.000 tentara hingga tahun 2010 mendatang. Usai berbicara dengan Sekjen NATO, Jaap de Hoop Scheffer dan Sekjen PBB Ban Ki Moon, Presiden Afghanistan Hamid Karsai mengatakan militer akan mengambil alih pertanggung jawaban keamanan di ibukota Kabul. Sementara Ban Ki Moon menjamin dukungan komunitas internasional dalam mewujudkan perdamaian dan kebebasan di Afghanistan.     

Negara anggota NATO diperkirakan akan mengirimkan sekitar 18 helikopter baru ke Afghanistan. Delapan negara telah menyatakan bersedia untuk menyediakan dana untuk membiayai pasukan disana. Kurangnya perlengkapan, khususnya helikopter, menghambat usaha sekutu militer Barat ini untuk bertempur melawan pejuang Taliban di selatan Afghanistan.

Presiden Perancis Nicholas Sarkozy sendiri telah mengatakan Negaranya akan mengirim 700 tentara tambahan. Ini berarti pasukan Perancis di Afghanistan akan mencapai 2300 tentara. Keputusan Sarkozy ini berhasil mengubah keputusan Kanada yang pada awalnya mengancam untuk menarik pasukannya yang berjumlah 2500 tentara dari Afghanistan.

Menteri Pertahanan Jerman Franz Josef Jung mengatakan, di masa yang akan datang tujuh kesatuan Jerman akan melatih 7000 tentara.

Presiden Uzbekistan Islam Karimov juga menawarkan dukungan kepada NATO dalam bentuk sarana penggunakan negaranya sebagai saran transit kapal ferry yang membawa perlengkapan bagi pasukan sekutu di Afghanistan.  

Bagaimanapu, kesepakatan baru ini merupakan tanda-tanda akan dimulainya kembali babak kedua “perang” di Afghanistan. Sebelum ini, anggota NATO sempat bersitegang akibat kembalinya para pejuang Taliban yang berhasil menguasai sebagian wilayah Negara itu. [cha, berbagai sumber/www.hidayatullah.com]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: