Oleh: antimurtad | Januari 17, 2009

AS Kirim Ratusan Ton Senjata ke Israel Akhir Bulan ini

London- –  Amerika Serikat sedang mencari kapal untuk disewa guna mengirim ratusan ton senjata ke Israel dari Yunani pada akhir bulan ini,  seperti yang dilihat Reuters dari dokumen tender.

Komando Militer Angkutan AL AS (MSC) menyebutkan kapal yang dicari akan  membawa 325 kontainer standar 20 kaki dengan muatan  “amunisi”.

Muatan itu akan dibawa lewat dua perjalanan terpisah  dari pelabuhan Yunani Astakos ke pelabuhan Israel Ashdod antara pertengahan hingga akhir Januari.

“Bahan-bahan berbahaya” sesuai manifes adalah bahan peledak dan detonator, namun tidak ada rincian lainnya.

“Pengiriman 3000 -an ton amunisi sekaligus adalah suatu hal besar ” ujar salah satu makelar yang minta namanya tidak disebutkan.

“Ini (permintaan) cukup langka dan kami sudah bertahun-tahun tidak menerima ada pesanan sebesar ini, “tambahnya.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang dihubungi oleh Reuters pada hari Jumat di Washington belum bisa memberi tanggapan.

MSC dengan armada sendiri bertugas mengangkut kendaraan lapis baja dan pasokan militer bagi pasukan AS namun biasanya mereka menyewa kapal dagang jika logistik tersebut sangat diperlukan.

Tender itu menyusul penyewaan sebuah kapal pada bulan Desember yang membawa lebih banyak lagi muatan militer  dari Amerika Serikat ke Israel. Pengiriman itu dilakukan menjelang serangan udara ke Jalur Gaza.

Kapal yang dicarter selama 42 hari itu mampu mengangkut  989 kontainer standar 20 kaki dari Sunny Point, North Carolina ke pelabuhan Ashdod.

Dokumen tender mengatakan kapal itu  harus mampu “membawa 2,6 juta kg bahan peledak” dan para makelar mengatakan jumlah itu adalah sangat besar.Kapal yang dicarter mengangkut muatan tersebut pada 15 Desember.

Makelar perkapalan di London yang khusus bergerak di bidang angkutan senjata bagi militer Inggris dan AS, mengatakan carter kapal ke Israel seperti itu adalah jarang terjadi.

Seorang analis senior militer  di London yang minta namanya tidak disebut mengatakan pengiriman itu mungkin saja adalah sesuatu yang “tidak biasa” dan terkait serangan ke Gaza.

Pada bulan September tahun lalu, Kongres Amerika Serikat menyetujui penjualan 1000 Rudal penghancur bunker ke Israel. Rudal GBU-39 dengan dipandu GPS disebut-sebut salah satu bom paling akurat di dunia.

Jerusalem Post yang mengutip sumber pejabat pertahanan Israel pekan lalu melaporkan bahwa kiriman pertama Rudal tersebut tiba awal Desember dan Rudal itu digunakan untuk menghancurkan tempat-tempat peluncuran roket HAMAS yang berada di bawah tanah.(ant*)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: