Oleh: antimurtad | Februari 24, 2009

PENUTUPAN TEMPAT IBADAH DI CIMAHI YANG TIDAK LEGAL

ولن تر ضى عنك اليهود ولا النصارى حتى تتبع ملتهم, قل إن هدى الله هوالهدى,..(البقرة : 120)

foto016Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”,… (Al Baqoroh :120)

TEMPAT IBADAH YANG TIDAK LEGAL

1. Modus :

Bekas bangunan Ex Pabrik PT. Gunung Kidul Tekstil dijadikan tempat kegiatan Gereja

2. Alamat :

Jl. H.Ali RT.02 RW.01 Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi – Jawa Barat

3. Tersangka :

GEREJA BETHEL INDONESIA (GBI) CIMAHI

Pendeta/Gembala : Benny Kusnadi

4. Kondisi :

Awal adanya kegiatan ibadah tidak legal yang dilakukan oleh Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi di lahan Ex Pabrik PT. Gunung Kidul Tekstil Jl. H.Ali RT.02 RW.01 Kel. Karang Mekar Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi – Jawa Barat melalui seseorang (nama : Frangky). Frangky (beragama Kristen) ini yang mengelola bangunan tersebut, lalu pihak Gereja menyewa lahan itu dan mempercayakan kepadanya untuk perijinan kegiatan Gereja ke masyarakat sebab lahan tersebut berada di wilayah RW.01 dan berdampingan dengan RW.02. Namun perijinan tersebut tidak pernah dilakukan baik oleh Frangky maupun pihak Gereja. Pada bulan April 2008 masyarakat RW.02 dan RW.01 merasa resah dan terganggu dengan kegiatan Gereja, diantanya :

1. Di wilayah RW.02 pihak GBI adakan pembagian sembako dengan seorang pendeta yang bernama Romo Yaqob dan adanya penandatanganan penerimaan sembako yang disinyalir untuk ijin mendirikan tempat ibadah

2. Masyarakat RW.01 sangat resah dan terganggu dengan kegiatan Ibadah (suara bising musik), Footsal dan Pelatihan Elektronik (pesertanya di luar masyarakat RW.01 dan RW.02 bahkan di luar kota Cimahi).

Dengan hal tersebut para RT/RW.01 dan RW.02 mengadakan rapat mengenai penyalahgunaan bangunan dijadikan tempat peribadatan Gereja adapun hasilnya bahwa masyarakat RW.01 dan RW.02 menolak keberadaan kegiatan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi diwilayahnya. Penolakan masyarakat tersebut disampaikan kepada Lurah, MUI Kelurahan dan Satpol PP Kota Cimahi. Adapun tindak lanjut penolakan masyarakat, Satpol PP mengeluarkan Surat (No.300/331/Satpol PP/V/2008) pada tanggal 29 Mei 2008 prihal Peringatan Penghentian Aktivitas Gereja di lahan Ex Pabrik PT. Gunung Kidul Tekstil karena sudah melanggar peraturan Daerah Kota Cimahi No.4 tahun 2003 tentang Ketertiban Umum dan No.37 tahun 2003 tentang Ijin Mendirikan Bangunan, dan pada hari kamis, 21 Agustus 2008 Satpol PP Kota Cimahi secara resmi menyegelnya, namun hingga tanggal 8 Februari 2009 pihak Gereja masih menggunakan tempat tersebut sebagai tempat ibadah tidak legal, bahkan memanfaatkan oknum Aparat untuk memperlancar pelanggarannya.

5. Solusi :

  1. Dengan mengacu dan memperhatikan :
    1. Peraturan Bersama 2 Menteri (Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri) No.8 dan No.9 tahun 2006 tentang Pendirian Tempat Ibadah
    2. Surat PENOLAKAN warga terhadap GEREJA BETHEL INDONESIA (GBI) CIMAHI,
    3. Surat Satpol PP (No.300/331/Satpol PP/V/2008) pada tanggal 29 Mei 2008 prihal Peringatan Penghentian Aktivitas Gereja di lahan Ex Pabrik PT. Gunung Kidul Tekstil,

maka masyarakat mengimbau kepada pihak Gereja untuk mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

  1. Pada hari Ahad, 15 Februari 2009 masyarakat mendatangi pihak Gereja untuk menghentikan kegiatan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi di lahan Ex Pabrik PT. Gunung Kidul Tekstil dikarenakan sudah melanggar aturan Pemerintah dan dituangkan dalam surat perjanjian antar masyarakat dengan pihak Gereja.

foto016

Masyarakat menolak penyalahgunaan bekas bangunan Pabrik PT. Gunung Kidul Tekstil dijadikan kegiatan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi.

foto011

Penanggungjawab dari pihak Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi, Benny Kusnadi (kanan) dan Ronald Sihite (kiri)

dsc00132

Kapolsek Cimahi Tengah menertibkan dan menjaga keamanan selama berlangsungnya aksi PENOLAKAN masyarakat terhadap Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi.

dsc00127

Pihak Gereja Bethel Indonesia (GBI) Cimahi menertibkan peralatan yang biasa digunakan dalam ibadah sesuai dengan surat perjanjian antar masyarakt dengan pihak Gereja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: