Oleh: antimurtad | Februari 25, 2009

Sekjen Liga Arab: Kami Tak Percaya Siapapun Pemerintahan Israel

mousaPernyataan keras dilontarkan Sekretaris Liga Arab Amr Mousa. Ia menyatakan tidak percaya dengan siapa pun yang memimpin pemerinatahan di Israel. Mousa juga mendesak dunia internasional menekan Israel agar lebih menghormati proses perdamaian.

Mousa mengungkapkan hal tersebut sebelum berangkat ke Washington, untuk menghadiri pembukan festival seni dan budaya Arab yang baru pertama kalinya digelar di AS. Menurut Mousa, pemerintahan Israel tidak pernah menunjukkan keseriusannya terhadap proses perdamaian dan terbukti tidak bisa dipercaya dalam mematuhi kesepakatan-kesepakatan yang telah tercapai.

“Tidak ada bedanya, apakah pemerintahan Israel itu dari kelompok sayap kiri atau sayap kanan. Mereka tidak bisa dipercaya,” tukas Mousa sembari menegaskan bahwa komitmen negara-negara Arab terhadap perdamaian di Palestina yang ditegaskan saat pertemuan tingkat tinggi di Kuwait, tidak akan goyah.

Sementara itu, satu tim dari Liga Arab yang terdiri dari para pakar hukum internasional, pengacara serta para wakil dari sektor industri, pertanian, pendidikan, aktivis hak-hak sipil dan media massa sudah berada di Jalur Gaza sejak hari Minggu malam.

Tim yang dipimpin Mohammad Mahmoud al-Hanan akan membuat laporan berdasarkan temuan-temuan mereka di lapangan tentang pelanggaran-pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel dan serta mengumpulkan data apa saja yang dibutuhkan untuk rekonstruksi di Jalur Gaza. Laporan itu nantinya akan dibahas dalam Konferensi Negara-Negara Donor yang akan digelar di Sharm al-Syeikh. Mesir tanggal 2 Maret mendatang.

Dalam keterangan pers di perbatasan Rafah, salah seorang anggota tim Jean Dugard mengatakan, komite dari Liga Arab akan bertemu dengan dokter, keluarga korban, faksi-faksi di Palestina dan kelompok masyarakat lainnya yang bisa memberikan informasi tentang apa yang terjadi di Gaza selama agresi brutal Israel bulan Januari kemarin. (ln/PIC/era)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: