Oleh: antimurtad | Februari 25, 2009

Tentara Cadangan Israel Dilempar Sepatu Saat Pidato di Belanda

israeilSeorang tentara angkatan bersenjata Israel menjadi target lemparan sepatu saat memberikan ceramah di sebuh hotel di Amsterdam, ibukota Belanda. Terkait insiden tersebut, polisi Amsterdam mengamankan tiga orang pelaku yang melemparkan sepatunya ke Kapten Ron Edelheit.

“Saya sedang dalam rangka kunjungan pribadi untuk menjenguk ibu saya. Sebagai juru bicara tentara cadangan angkatan bersenjata Israel, saya dengan sukarela berbicara di depan komunitas Yahudi di Belanda tentang Operasi Cast Lead (operasi Israel ke Jalur Gaza bulan Januari kemarin,” kata Edelheit pada Haaretz. Ia mengungkapkan, sekitar 50 orang melakukan aksi unjuk rasa di depan Hotel Apollo, tempat ia memberikan pidato. Para pengunjuk rasa meneriakan slogan-slogan anti-Israel. “Mereka berhasil masuk ke ruangan, berteriak dan melemparkan sekitar empat sepatu ke arah saya,” Edelheit menceritakan bagaimana insiden lempar sepatu itu terjadi.

Menurutnya, para pelaku dan pengunjuk rasa berwajah tipikal orang Belanda. Adelheit mengaku pihak penyelenggara sudah menerima “ancaman” sehingga memindahkan acara pidatonya yang semula akan digelar di Hotel College, ke Hotel Apollo. Adelheit menduga para pengunjuk rasa itu tahu informasi perpindahan lokasi acara dari situs-situs Yahudi.

Adelheit, Yahudi kelahiran Belanda yang sudah bertahun-tahun berimigrasi ke Israel melaporkan insiden lemparan sepatu itu ke kepolisian Amsterdam. “Hari ini sepatu, besok mungkin melempar pisau atau senjata,” kata Edelheit.

Atas insiden tersebut, polisi Amsterdam menangkap tiga orang-dua perempuan dan satu pria-yang diduga sebagai pelaku pelemparan sepatu. Ketua CIDI-organisasi pro-Zionis yang berbasis di Hague-Dr Ronny Naftaniel menyebut insiden lemparan sepatu itu melanggar kebebasan berekspresi dan merupakan “budaya impor” yang tidak ada dalam budaya masyarakat Belanda.

Selain di Amsterdam, Edelheit dijadwalkan untuk memberikan ceramah di Antwerp. Seorang pemuka Yahudi Belanda dengan nada bergurau berkomentar,”Di Amsterdam, mereka melempar sepatu yang kiri. Di Antwerp, Adelheit mungkin mendapatkan sepatu yang sebelahnya lagi, jadi sepasang …”

Adelheit adalah orang Israel kedua yang mengalami insiden lemparan sepatu saat berbicara di negara lain. Sebelumnya, dutabesar Israel untuk Swedi juga mengalami insiden serupa saat memberikan ceramahnya di Universitas Stockholm. (ln/haaretz/era)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: