Oleh: antimurtad | Mei 12, 2009

Muslim Indonesia, Waspadai Iklan Anti-Teror Dari Inggris

ahmadSejumlah tokoh Muslim Inggris disebut-sebut akan dilibatkan dalam iklan yang dibuat untuk mencegah munculnya ekstrimisme di Inggris dan meredam sentimen anti-Barat di negara-negara Muslim.

Surat kabar Guardian, Edisi Selasa (10/2) melaporkan, dalam sinopsis iklan disebutkan bahwa iklan bertajuk “I am the West” itu dibuat khusus untuk anak-anak muda usia antara 15-25 tahun yang dianggap kurang berpendidikan, yang berpotensi mudah terpengaruh oleh ektrimisme Islam.

Lewat iklan tersebut, diharapkan anak-anak muda yang mudah terpengaruh itu menyadari bahwa tidak ada pertentangan antara menjadi seorang Muslim sekaligus menjadi warga Inggris. “Warga Muslim bangga menjadi seorang Muslim sekaligus menjadi orang Inggris dan mereka mendukung keyakinan bahwa tindak kekerasan akibat paham ekstrimisme tidak disebarkan atas nama mereka,” demikian kutipan sinopsis iklan tersebut.

Menurut Guardian, pembuatan iklan itu merupakan usul organisasi bernama Deen International yang dipimpin oleh Khurshid Ahmed yang juga ketua British Muslim Forum. Namun biaya pembuatan iklan itu ditanggung oleh Kementerian Luar Negeri Inggris.

Untuk tahap pertama, iklan “I am the West” berdurasi 30 menit itu akan diluncurkan di negara Pakistan mulai hari Senin lusa selama tiga bulan dan akan ditayangkan lewat televisi, radio dan dalam event-event besar terutama di wilayah Peshawar, Mirpur dan provinsi Pakistan lainnya.

Tokoh-tokoh Muslim yang akan tampil dalam iklan yang dibuat tiga versi itu antara lain, Menteri Kemasyarakatan Sadiq Khan, Walikota Birmingham Chaudry Abdul Rashid, pemain cricket Moeen Ali dan Manager Islamic Relief Inggris Raya, Jehangir Khan.

Masyarakat Muslim Indonesia harus mewaspadai kemungkinan ditayangkannya iklan ini di Indonesia. Karena jika iklan ini sukses di Pakistan, Kementerian Luar Negeri Inggris rencananya akan menyebarkan iklan ini ke negara lain seperti Mesir, Yaman dan Indonesia.

Khurshid Ahmad, pemimpin proyek iklan tersebut mengatakan ide iklan ini muncul ketika ia berusaha mencari tahu bagaimana sebenarnya sikap Muslim terhadap Barat. “Saya sering berkunjung ke Pakistan untuk mengetahui sikap mereka. Tingkat sentimen mereka meningkat dan ada banyak pemahaman yang salah tentang situasi yang terjadi, yang dimuat media-media massa,” kata Ahmad pada Guardian.

Iklan “I am the West” bertujuan untuk meyakinkan Muslim Pakistan bahwa “Barat tidak anti-Islam”, khususnya negara Inggris. Iklan yang aneh sebenarnya, karena yang memicu munculnya sentimen anti-Barat dan terorisme sebenarnya kebijakan-kebijakan negara-negara Barat yang tidak adil terhadap umat Islam, bukan karena Muslim membenci Barat. Sayangnya, alih-alih mengkritisi kebijakan Barat yang anti-Muslim, justeru ada Muslim yang mau terlibat dalam iklan yang lebih mirip propaganda pro-Barat ini. (ln/iol/era)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: