Oleh: antimurtad | Desember 16, 2009

Pakistan Hadapi Jihad Baru di Internet Pakistan Hadapi Jihad Baru di Internet

Islamabad – Penahanan lima warga Amerika di Pakistan yang sedang mencari kontak dengan militan dan ingin berjihad disana lewat internet memberi kesan bahwa negeri itu membutuhkan lebih dari sekedar keamanan untuk mengatasi ancaman keamanan dari kelompok perlawanan.

Kelima warga Amerika tersebut semuanya merupakan mahasiswa berumur 20 tahunan dari Virginia utara. Mereka ditahan pekan ini di kota Sargodha di propinsi Punjab, 190 km (120 mil) tenggara Islamabad, kata pejabat Pakistan.

Para tersangka sedang dalam penyelidikan kemungkinan mempunyai jaringan dengan  kelompok yang melakukan serangan-serangan besar atau mempunyai jaringan dengan Taliban atau Al Qaeda. Beberapa laptop, telefon seluler dan peta Pakistan diamankan saat penangkapan mereka.

“Ini adalah pekerjaan yang sangat sulit untuk membongkar jaringan mereka melalui Internet. Komunikasi mereka dilakukan lewar internet dan email. Kelima pemuda dan orang yang mereka kontak mempunyai kata sandi yang sama dan mereka tinggal menuliskan pesan mereka di draft mereka sendiri tanpa mengirimkan kepada siapapun”, kata pejabat keamanan Pakistan.

“Sangat sulit melacak mereka. Jika FBI saja tidak bisa melacak pesan model seperti ini, bagaimana kami bisa? Ini bukan tugas yang mudah”.

Kemungkinan untuk melakukan pelacakan jaringan militan di internet tidak bisa dilakukan pada masa terburuk untuk Pakistan. Saat ini Pakistan sedang menghadapi serangan militan melalui serangan-serangan bom bunuh dirinya, menewaskan ratusan orang sejak Oktober dan meningkatkan pertanyaan akan stabilitas negeri yang mempunyai persenjataan nuklir ini.

Islamabad juga menghadapi tekanan dari Washington yang terus mendesak Pakistan agar menghabisi para militan yang menyeberang ke perbatasan dan menyerang tentara Amerika di Afghanistan.

Dua pemuda yang ditangkap tersebut keturunan Pakistan. Pejabat mengatakan salah satu warga Amerika tersebut juga keturunan Mesir, satu keturunan Yaman dan satu lagi keturunan Eritrea. Keterangan ini mengilustrasikan bagaimana Internet dapat menyebarkan jaringan militan disemua benua, tanpa terdeteksi.

Jika seorang pemuda ingin meninggalkan barat dan pergi berjihad, Internet menawarkan berbagai macam video, yang dibuat oleh salah satu kelompok militan paling berbahaya didunia, video tersebut untuk membantu mereka memutuskan akan berjihad kemana.

Indoktrinisasi bebas biaya yang dilakukan Taliban dan Al Qaeda saat ini tersedia bebas di situs-situs semacam You Tube, dimana salah satu pejabat mengatakan situs itu telah digunakan kelima pemuda Amerika tersebut untuk mencoba dan mengkontak para militan lain.

Rupanya Al Qaeda lah yang benar-benar bisa mengambil keuntungan dari digunakannya internet pada masa ini. Pemahaman mereka bisa tersebar luas antar benua tanpa mengeluarkan biaya banyak. Dan hasilnya para pemuda yang menerima pesan mereka akan berdatangan sendiri ke medan jihad dan bertemu dengan saudara-saudara mereka dari benua lain dengan tujuan yang sama.

[muslimdaily.net]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: