Oleh: antimurtad | Desember 17, 2009

Keberadaan Penjara Rahasia Bocor, Kepala Intel Lithuania Mundur

Kepala badan intelejen Lithuania mengundurkan diri setela bocornya berita mengenai keberadaan penjara rahasia CIA yang beroperasi di negara itu antara tahun 2004 hingga 2005.

Povilas Malakauskas berhenti dari pekerjaannya setalah 2 tahun memimpin khususnya karena adanya upaya investigasi dari parlemen mengenai keberadaan penjara rahasia tersebut.

Menurut ketua komisi khusus parlemen untuk investigasi kasus ini, Arydas Anusauskas, mengatakan bahwa agenda komisinya adalah untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan intelejen Lithuania di penjara yang dimiliki CIA di negaranya.

Pengunduran Malakauskas berhembus sejak September 2009, dimana dia enggan memberikan sejumlah keterangan kepada para investigator.

Malakauskas terpaksa mundur lebih awal setelah berita ini benar-benar tersebar di media terutama setelah ABC News Amerika mengungkapkan keberadaan penjara tersebut.

Penjara rahasia tersebut terletak 20 km timur laut ibukota Vilnius, berada di sebuah tempat latihan berkuda. Penjara ini dikhususkan untuk menginterogasi tahanan yang diduga terlibat dengan jaringan Al Qaeda.

Menurut salah seorang pengacara di New York John Sitton yang juga memimpin lembaga hak asasi bernama One World Research, aktivitas yang dilakukan dalam penjara tersebut adalah illegal.

Beberapa penyiksaan dilakukan dalam penjara rahasia itu antara lain pelarangan tidur, berdiri dalam waktu lama, dan berbagai posisi tubuh yang menyiksa demikian tutur John Sitton.

Berbagai pihak baik warga sipil dan aparat pemerintah di Lithuania tidak menyukai keberadaan penjara CIA ini.

Selain Polandia, Rumania dan Lithuania, CIA memiliki sejumlah penjara yang dikhususkan untuk penanganan masalah AL Qaeda yang berada di Maroko, Thailand dan Afghanistan.[muslimdaily.net/ptv]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: